Welcome To Blog SMP Muhammadiyah 2 Cirebon Menerima Pendaftaran Siswa Baru

Minggu, 02 Juni 2013

Sejarah Berdirinya SMP Muhammadiyah 2 Cirebon


Latar Belakang
Setelah Bapak Djamal Dasoeki wafat tahun 1974, Pimpinan Muhammadiyah Daerah Kota dan Kabupaten Cirebon untuk periode 1974-1986 diketuai oleh H. Zaenal Masduki, pergantian dilakukan merupakan hasil Musda Muhammadiyah setelah pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah ke-40 di Surabaya.
           Setelah Muktamar Muhammadiyah ke-41 di Solo (Surakarta) beliau terpilih kembali untuk memimpin Muhammadiyah Daerah Kota dan Kabupaten Cirebon periode 1986-1991. Pada periode itulah Pimpinan Muhammadiyah Daerah berubah menjadi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota dan Kabupaten Cirebon.
            Pada tahun 1953 Sekolah Menengah Islam (SMI) cikal bakal berdirinya SMP Muhammadiyah, menempati gedung Baitul Mal di Kejaksan, sekarang SD Muhammadiyah 2 Kota Cirebon. Pertengahan tahun 1953 SMI pindah dari Kejaksan No. 44 ke Pekarungan, dan namanyapun diganti dari SMI menjadi SMP Muhammadiyah dengan Kepala Sekolah masih tetap dipegang oleh Djamal Dasoeki sampai tahun 1965.
            Dari Djamal Dasoeki, pimpinan sekolah selanjutnya dipegang oleh Soembogo (1965-1986), dan pada masa beliaulah SMP Muhammadiyah terbagi menjadi 2 sekolah, yaitu SMP Muhammadiyah 1 Cirebon dan SMP Muhammadiyah 2 Cirebon.
        Setelah 14 tahun SMP Muhammadiyah 2 menumpang di gedung SMP Muhammadiyah 1 (1965-1979), maka tahun 1979 sekolah tersebut pindah menempati gedung baru di Jalan Tuparev 70 A sampai dengan sekarang. Sebagai Kepala SMP Muhammadiyah 2 Cirebon yang pertama di jabat oleh H.A. Rasyad Rais, kemudian berturut-turut oleh : E. Muksidi, Sugiarto Slamet, BA, Salim Sobari, S.Pd., Suwali, SE., Efa Fauziyah, MPd., sekarang yang memimpin Arofah Firdaus, S.Pd., M.M. (af)
                                                                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar